Rabu, 30 September 2015

Hal-hal Apa Saja yang Merusah Otak

MAKANAN DAN KEBIASAAN PERUSAK OTAK
                Otak memiliki peran besar dalam tubu manusia, karena bertanggung jawab terhadap pengaruh dan koordinasi besar, perilaku, dan fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan emosi , ingatan pebelajaran motorik, dan segala bentuk pembelajaran lainnya.
                 Sama seperti halnya otot, otak juga perlu dijaga dan diberi nutrisi yang cukup agar menjadi kuat dan kekar. Beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk menjaga otak tetap sehat, karena seiring kebiasaan, banyak perilaku yang tanpa kita sadari pelan-pelan merusak otak kita sendiri . kenali yang dapat merusak otak kita.



MAKANAN PERUSAK OTAK

1.     Sate
Bagaimana bisa makanan yang sangat lezat ini ternyata dapat menggangu kerja otak kita? Dalam pembuatannya, sate dibakar dengan menggunakan arang. Zat karbindioksida dari pembakaran arang ini kemudian ikut masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan sel-sel otak sulit berkembang.
Selain itu, sate juga mengandung zat karsinogen penyebab kangker. Sangat dianjurkan utnuk memakan mentimun setelah memakan sate, karena mentimun mengandung zat anti karsinogen.  
2.     Mie instan
Makanan ini sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang tidak sehat. Namun sangat digemari karena memang penyajiannya sangat praktis dan memiliki rasa yang gurih  dan enak. Jika Anda salah satu penggemar mie instan, mulailah untuk mengendalikan nafsu terhadap makanan ini.
Mie instan mengadung zat pengawet yang sangat tidak baik untuk kesehatan dan daya kerja otak kita. Setidaknya berilah selang waktu 3-5 hari dalam mengkonsumsinya, dan hindari mengkonsumsinya setiap hari.
3.     Botol plastik minuman
Banyak dari kita yang menggunakan botol bekas air mineral dan botol minuman lainnya sebagai wadah minuman. Ini juga bukanlah suatu kebiasaan yang dapat yang baik, karena bahan boto tersebut mengandung zat karsinogen yang dapt merusak otak.
                Botol jenis ini hanya aman utuk dipakai 1-2 kali saja. Jika terlalu sering dipakai, dan dicuci, lapisan plastik dapat rusak, dan zat karsinogen tersebut masuk kedalam air yang kita minum.
4.     Kopi
Mengkonsumsi kopi terlalu banayak juga dapat mengganggu kerja otak. Kandungan kafein yang terlalu banyak di dalam darah akan membuat kerja sel otak menjadi lambat. Jika Anda sorang penikmat kopi, dianjurkan untuk tidak megngkonsumsi kopi lebih dari 3 gelas dalam sehari.

5.     Kombinasi udang dan vitamin C
Jangan sekali-kali mencoba untuk mengkonsumsi udang dan vitamin C dalam waktu yang bersamaan. Reaksi menimbulakan racun arsenik yang dapat mengganggu kerja otak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan masih banyak tips-tips dan cara-cara lain untuk hidup lebih sehat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post